Bisnis Sabun Cair: Mengisi Lobang Yang Kosong.

Pengalaman membuat kita lebih bijak. Sama halnya dengan bisnis jual sabun cair, maka pengalaman yang membuat kita mengerti cara membuat formula lebih baik dan lebih ekonomis.
Teori perdagangan bahwa: kualitas produk berkaitan erat dengan permintaan pasar, telah lama diketahui. Tapi dalam hal ini kita juga harus mengerti bahwa membangun bisnis maka kita tidak hanya bersandar pada teori itu. Percayalah bahwa ada situasi dimana kualitas produksi bertolak belakang dengan permintaan pasar.

Bertolak belakang karena hukum alam bahwa: sebuah kualitas ditentukan oleh harga. Jika anda ingin kualitas yang bagus maka anda harus siap merogoh kocek lebih dalam. Teman saya Jimmy bilang: "Duit itu tidak bohong!". Jika kita membayar tas dengan harga 1 juta, maka kualitasnya lebih baik dari tas dengan harga 500 ribu rupiah.

Disinilah pertentangan kulaitas produksi dengan permintaan pasar itu. Jika anda ingin membuat kualitas produk yang bagus maka anda harus membuat produk dengan modal yang mahal dan menjual produk dengan harga mahal pula. Pada saat yang sama permintaan pasar menginginkan Kualitas Yang Bagus Dengan Harga Murah.

Untungnya buat Marked Leader, ini tidak lagi menjadi masalah. Tapi bayangkan jika anda memulai usaha dari nol, ini menjadi salah satu masalah yang perlu dipecahkan.

Contohnya dalam bisnis sabun cair. Marked Leader (pemimpin pasar) dalam hal ini adalah sabun cair ber merk S*nlight, dan salah satu Follower sukses seperti Mam* Lemon. Lalu anda seorang pemula seperti saya sedang memulai bisnis yang sama: Jualan Sabun cair, harus bisa beradaptasi agar bisa eksis dan berkembang.

Saya sharing pengalaman ini untuk rekan-rekan. Dengan permasalahan seperti tadi: Bagaimana caranya agar bisa membuat sebuah produk sabun cair yang berkualitas tetapi lebih murah agar diterima oleh pasaran?

Karena kita adalah pemula, maka kita adalah follower dari S*nlight. Cara satu-satunya untuk memulai adalah membuat produk dengan harga yang lebih murah tapi berkualitas bagus. Kemasan dan logo juga sangat menentukan. Karena itulah kita membuat logo yang bagus dan kemasan yang bagus. Jika hanya memikirkan harga murah dan pada saat yang sama menurunkan kualitas produk maka bersiaplah untuk gulung tikar lebih dini! Pengalaman akan membuat seseorang mengerti cara mengatasi harga yang terjangkau dan kualitas bisa dipadukan. Kami telah mengatasi itu. Fresh Lime adalah sabun cair yang ekonomis dengan kualitas yang prima.

Mengisi Lobang Yang Kosong


Jika anda kuatir untuk memulai, anda telah melihat bahwa sabun cair bermerk terkenal ada dimana-mana, maka lihatlah lebih teliti lagi bahwa masih ada lobang yang kosong untuk disisipi.
  1. Masyarakat menengah ke bawah.
    Awalnya, jangan terlalu optimis menggali konsumen dari kelas atas, karena mereka lebih tertarik membelanjakan uang ke dollar. Jangan bergantung pada slogan: Cintailah Produk-Produk Dalam Negeri, tapi fokuslah menggarap pangsa pasar yang lebih luas.
    Buatlah produk dalam kemasan lebih mungil, ukuran 200ml dan 500ml. Tujuannya adalah agar produk lebih cepat berputar.
  2. Bisnis yang berkutat dengan urusan cuci piring seperti:Catering, Rumah Makan,Warteg.
  3. Daerah dan desa-desa. Informasi dari beberapa teman di Sumatera, Papua, Sulawesi, dan Kalimantan, mereka lebih cepat sukses dari saya. Dan jika anda mudik, pelajarilah peluang bisnis yang satu ini. Jika anda berhasil mengelola satu kabupaten saja pasti sudah lumayan bukan?
  4. Cari orang yang mau jual produk sabun curah di pasar tradisional. Modalnya sangat sedikit, suplay kelengkapannya, mulai dari drigen yang sudah diberi kran, botol-botol kemasan minuman mineral (bekas juga boleh).

Teknik Pemasaran

Kita menggunakan teori Mao Tse Tung: Desa menyerang kota. Cara yang sama yang dilakukan oleh produk batre dengan merek AB*. Carilah sebanyak-banyaknya warung untuk dititipkan produk ini agar langsung mencapai sasaran. Jangan sekali-kali mencari pelanggan dari pintu ke pintu selain untuk demo, karena hanya membuang waktu anda lebih banyak pada beberapa calon pelanggan saja. Ini seperti meletakkan banyak telur di banyak tempat. Bukan meletakkan satu telur di banyak tempat.
Sabar dan ulet adalah kunci sukses.

Selamat berjuang.. Cintailah Ploduk-Ploduk Buatan Endonesia! (dengan logat China).